Berita
Katasense: Aplikasi Penjurian Karate Pertama di Indonesia terobosan Mahasiswa PNUP untuk Penilaian Gerakan  dengan Pemanfaatan Teknologi Motion Capture

Katasense: Aplikasi Penjurian Karate Pertama di Indonesia terobosan Mahasiswa PNUP untuk Penilaian Gerakan  dengan Pemanfaatan Teknologi Motion Capture

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM KC) 2024 oleh mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) lagi-lagi menciptakan produk inovasi yang berdampak bagi praktisi seni beladiri Karate. Inovasi itu adalah  “Katasene”. Sebuah aplikasi penjurian karate sebagai penilaian gerakan karate yang memanfaatkan teknologi motion capture.

Aplikasi Katasense merupakan sebuah inovasi untuk mengoptimalkan efisiensi penilaian gerakan karate untuk mendukung kecepatan, ketepatan dalam administrasi, dan penggunaan papan skor manual dalam penilaian, serta dapat menjadi sarana pertimbangan yang mengutamakan keakuratan gerakan dalam kompetisi Karate. Aplikasi ini dapat menampilkan umpan balik secara real-time mengenai benar atau tidaknya gerakan pengguna yang ditampilkan dalam bentuk persentase ketepatan gerakan. Adapun persentase ketepatan ini merupakan umpan balik dari data gerak pengguna yang ditangkap kamera Kinect dan dapat dikalkulasikan untuk menentukan skor akhir

Ide pembuatan Katasense sendiri dilatarbelakangi karena penghitungan nilai gerakan karate secara manual menggunakan kertas buram atau kalkulator dinilai tidak efektif karena memakan waktu yang lama. Maka dari itu, diciptakan aplikasi ini yang mengembangkan teknologi motion capture guna meningkatkan efektivitas simulasi dan penilaian gerak yang memadukan gerakan Kihon (dasar teknik) pada gerakan Kata (pola gerakan). Adapun, aplikasi ini memiliki berbagai fitur di dalamnya guna menunjang penggunaannya.

Aplikasi Katasense ini merupakan terobosan pertama di Indonesia yang dikembangkan oleh empat mahasiswa program studi D4 Teknik Multimedia dan Jaringan, yang diketuai oleh Kiswah Anugrah Basis dan tiga anggota lainnya yaitu Miftakhul Khairi Tawil, Satria Bintang Pamungkas, dan Mutamainna. 

            “Harapan kedepannya, aplikasi ini dapat diimplementasikan dalam pertandingan beladiri Karate pada bidang Kata perorangan untuk meningkatkan akurasi penilaian dan memberikan umpan balik yang lebih mendalam kepada para atlet. Selain itu, aplikasi ini diharapkan dapat berfungsi sebagai alat bantu latihan yang inovatif, membantu para pelatih dan atlet dalam memperbaiki teknik serta strategi mereka” ujar Kiswah Anugrah Basis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *