Berita
Seminar Hasil Problem Based Learning Mata Kuliah Keamanan Informasi Tahun 2023-2024

Seminar Hasil Problem Based Learning Mata Kuliah Keamanan Informasi Tahun 2023-2024

Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan PNUP menyelenggarakan Seminar Hasil PBL (Problem Based Learning) untuk Mata Kuliah Keamanan Informasi yang diselenggarakan secara online pada hari sabtu, tanggal 6 Januari 2024. Seminar Hasil PBL ini mengambil tema “Membangun Aplikasi Web Yang Aman”.Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk membiasakan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di industri.

Seminar ini dibuka oleh Koordinator Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan Bapak Asriyadi, S.ST., M.Eng. dimana dalam sambutannya beliau mengatakan pentingnya membiasakan mahasiswa menyelesaikan permasalahan di industri. Selain itu dalam sambutannya Bapak Muh. Ahyar, S.ST., M.T. selaku Kepala UPT TIK PNUP mengapresiasi kegiatan ini dimana sebagai user dalam aplikasi web ini sering menghadapi berbagai serangan terhadap aplikasi yang telah dibuat sehingga kegiatan ini sangat baik sebagai pengetahuan dan referensi tambahan bagi UPT TIK. Seminar hasil ini juga dimoderatori oleh Bapak Alvian Bastian, S.ST., M.Sc. selaku penanggung jawab kegiatan dan mata kuliah keamanan informasi pada Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan.

Sebelum diselenggarakannya seminar hasil ini sebelumnya mahasiswa telah membuat aplikasi web untuk seminar nasional dimana aplikasi yang dibangun tersebut telah dilengkapi dengan berbagai teknik dan algoritma pengamanannya. Aplikasi web yang telah dibuat tersebut pada seminar hasil ini nantinya diverifikasi oleh verifikator ahli yaitu Bapak Q Fadlan, S.ST., M.Kom yang merupakan Information Security Manager Hijra Group. Beliau mengapresiasi kegiatan ini sebagai pembelajaran yang baik di bidang Keamanan Informasi. Bapak Q Fadlan juga telah banyak memberi saran dan masukan serta berbagai ilmu kepada mahasiswa Teknik Multimedia Jaringan dalam hal pengamanan aplikasi web.
Kegiatan ini berlangsung dengan sangat baik dan mahasiswa dapat mempresentasikan hasil pekerjaannya dengan baik. Rencananya kegiatan seperti ini akan terus terlaksana untuk mendukung pembelajaran PBL di PNUP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *